Rabu, 15 September 2010

HOW TO TRAIN YOUR DRAGON

Jenis Film : Animation – Semua Umur
Produser : Bonnie Arnold,
                  Michael Connolly,
                  Tim Johnson
Sutradara : Chris Sanders
                    Dean Deblois
Durasi : 123 menit
Cast : Jay Baruchel as Hiccup
           Gerrard Butler as Stoick
           Craig Ferguson as Gobber
           America Ferrera as Astrid
                                                           Jonah Hill as Snoutlout
                                                           Christopher Mintz-Plasse as Fishlegs
                                                           T.J. Miller as Tuffnut
                                                           Kristen Wiig as Ruffnut

Pengisi suara dan karakternya


Setelah sukses dengan Shrek, Kung Fu Panda, dan Madagaskar, sebuah film animasi memukau kembali lahir. DreamWorks Animation mengeluarkan How To Train Your Dragon yang sudah rilis pada Maret 2010 yang lalu.

 How To Train Your Dragon dibuat dengan menggunakan Autodesk Maya. Sebuah aplikasi software yang dikembangkan oleh Autodesk's Media and Entertainment Division (Sebelumnya Alias) dan digunakan untuk 3D Animasi, 3D modelling, simulasi, rendering, efek visual, match moving dan composite. Software ini banyak digunakan untuk di industri televisi seperti pada serial tv Heroes, American Idol, dan pada film-film seperti Avatar, District 9, Star Wars: The Clone Wars, G.I Joe: The Rise of the Cobra, juga pada industri games seperti The Beatles: Rock Band, dan Assassin's Creed II. 





Film animasi How To Train Your Dragon dibuat berdasarkan buku anak-anak ciptaan pengarang berkebangsaan Inggris, Cressida Cowell yang terbit pada tahun 2003 dengan judul yang sama. Selain How To Train Your Dragon, Ia juga menulis How to Be a Pirate (2004), How to Speak Dragonese (2005), How to Cheat a Dragon's Curse (2006), How to Twist a Dragon's Tale (2007), A Hero's Guide to Deadly Dragons (2008), How to Ride a Dragon's Storm (2008), How to Break a Dragon's Heart (2009). 

How To Train Your Dragon adalah sebuah animasi yang menceritakan tentang seorang pemuda yang pintar dan humoris, namun tidak tangguh bernama Hiccup Horrendous Haddock III yang terlahir sebagai anak dari Stoick the Vast, kepala suku Viking di pulau Berk. Keadaan tersebut membuatnya tidak disukai oleh ayah dan penduduk suku Viking tersebut, karena di desa tersebut, seorang Viking akan dianggap lelaki apabila ia mampu menangkap dan membunuh naga. Atas inisiatif sang ayah, ia pun diikut sertakan dalam pelatihan melawan naga bersama dengan Ruffnut, Snotlout, Astrid, Fishlegs, dan Tuffnut.

Ruffnut, Snotlout, Astrid, Fishlegs, Tuffnut

Plot cerita ini berawal dari naga-naga yang sering menyerang dan mencuri ternak domba dari desa tempat tinggal Hiccup. Pada suatu malam, ketika penyerangan terjadi lagi, Hiccup mencoba untuk menangkap salah satu naga dengan menggunakan peluncur jaring buatannya. Ia berhasil membuat naga tersebut jatuh. Keesokan harinya, ia mulai mencari keberadaan sang naga dan terkejut ketika mengetahui kalau naga yang berhasil ia tangkap adalah Night Fury, naga tangguh yang sangat ditakuti. Hiccup berusaha untuk membunuh naga tersebut dan membuktikan bahwa ia adalah viking sejati, namun ia tak sanggup melakukannya. Ia malah melepaskan naga tersebut.

Toothless
Suatu saat, ia mendapati naga tersebut masih berada di sekitar hutan tersebut dan tidak mampu untuk terbang karena salah satu sisi sayap ekornya hilang akibat tembakan dari Hiccup. Lalu ia pun berusaha untuk mendekati naga tersebut, dan akhirnya ia pun memberi nama naga tersebut Toothless. Dari Toothless, Hiccup belajar mengenai dunia naga, dan menyadari bahwa desa mereka tidak lagi membutuhkan pemburu naga karena naga dan manusia dapat berteman asalkan menggunakan pendekatan yang tepat. Dalam satu kesempatan, Hiccup dan Astrid mengikuti rombongan naga ke sarang mereka, dan menyadari bahwa para naga mencuri ternak domba di desa mereka bukanlah untuk mereka sendiri, melainkan untuk menyerahkan nya kepada naga yang lebih besar dan berkuasa di sana. Karena apabila tidak, maka mereka lah yang akan disantap oleh naga besar tersebut.

Ketika sang ayah mengetahui letak sarang naga tersebut, ia sangat marah. Sang kepala suku dan rombongan prajurit Viking pun berlayar ke sarang tersebut, dan berniat untuk membunuh naga tersebut. Di luar dugaan, ternyata naga tersebut tidak dapat dikalahkan dengan mudah, dan terlihat perbedaan kekuatan yang begitu besar. Lalu Hiccup dan teman-teman nya pun datang dengan menunggangi naga masing-masing dan bekerja sama melawan si naga besar.

Film berakhir dengan Hiccup dianggap sebagai pahlawan di desa tersebut dan bangsa Viking menjadi bersahabat dengan para naga, mereka saling membantu dan hidup dengan damai.


Film ini walau mengangkat kisah yang berbau mistis seperti suku viking dan naga, namun kenyataannya hadir dan dikemas dengan sangat menarik dan lucu. Banyak adegan-adegan yang akan membuat anda tersenyum bahkan tertawa. Tak lupa anda juga akan merasakan terharu ketika menontonnya. Sebuah film yang wajib anda tonton bersama dengan keluarga dan orang tersayang.. ^^



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar